Selasa 12 Oct 2010 18:26 WIB

Saudi: Tak Perlu Perubahan Produksi pada Pertemuan OPEC

REPUBLIKA.CO.ID,WINA--Menteri Perminyakan Saudi Ali al-Nuaimi mengatakan dia puas dengan harga minyak saat ini dan melihat tidak ada alasan untuk mengubah kuota produksi, kata dia setibanya di Wina, Senin, untuk pertemuan OPEC pekan ini. "Apakah saya nyaman dengan harga? Ya," kata Nuaimi, kepala de-facto Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC), kepada wartawan di menjelang pertemuan kartel pada Kamis.

"Harga antara 70 dan 80 (dolar per barel) adalah harga yang ideal," dia menambahkan, mencatat bahwa ia "bahagia" dengan situasi saat ini. Meskipun harga minyak masih di atas batas 80-dolar pada Senin setelah mencapai tertinggi lima bulan lebih dari 85 dolar tahun lalu, Nuaimi menyatakan kepuasannya. "Kami merasa nyaman dengan seluruh pasar hari ini, situasi di pasar sangat nyaman," katanya kepada wartawan.

"Pertumbuhan ekonomi dunia telah luar biasa pada tahun 2010." Nuaimi mengisyaratkan bahwa perubahan dalam kuota produksi untuk 12 negara anggota OPEC tidak dalam kartu pada pertemuan Kamis, saat ia ditanya mengapa kartel harus mempertimbangkan langkah tersebut.

Dia menolak ide bahwa OPEC, yang memompa 40 persen dari minyak dunia, bisa meningkatkan produksi tahun ini. "Pasar sangat seimbang, semua orang senang dengan pasar, konsumen, produsen, sangat senang," kata Menteri perminyakan Arab Saudi. "Saya pikir pasokan mencukupi dan permintaan cukup aktif," tambahnya.

sumber : ant/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement