Jumat 17 Sep 2010 21:52 WIB

Android Menggeliat, Nokia Melempem

Rep: Agung Sasongko/BusinessWeek/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Android dan Nokia (Ilustrasi)
Android dan Nokia (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,  REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Geliat Android kian terasa. Demikian hasil analisa Comscore, Kamis (16/9). Disebutkan dalam analisa tersebut pertumbuhan Android kian menekan pergerakan iPhone dan Blackberry.

Di AS, pasar Android naik signifikan 42 persen dalam rentang waktu tiga bulan. Kini, Android berhasil menguasai 17 persen pasar ponsel pintar AS. Sebelumnya, Android hanya menguasai 15,1 persen.

Bagaimana dengan RIM dan iPhone? Dua penguasa pasar ponsel pintar secara perlahan mengalami penuruan. Menurut data yang dipublikasikan Comscore, kue pasar Blackberry menurun menjadi 39.3 persen setelah sebelumnya sempat menyentuh angka 41,1 persen. Sementara itu, pukulan telak dialami Apple yang menyusut 2,7%. Meski demikian, mereka tetap berada di posisi kedua dengan perolehan pasar 23,8%.

Khusus Windows Mobile, sistem operasi garapan Microsoft ini adem ayem menempati posisi empat dengan raihan pasar 11.8 persen. Hasil memuaskan juga diperoleh pendatang baru, Palm yang bertahan pada angka 4.9 persen.

Sementara itu, untuk kategori ponsel, iPhone 4 belum mampu dilengserkan ponsel buatan sekaliber RIM, Nokia dan Samsung. RIM harus puas menduduki peringkat keempat dengan persentase 9%. Sementara vendor asal Korea Selatan, Samsung, menjadi pemuncak dengan 23,1%. Di bawahnya terdapat LG dan disusul Motorola. Hasil buruk diraih vendor ponsel asal Finlandia, Nokia. Laksana petarung yang kalah, Nokia kian meredup dengan persentase 7,8%.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement