Sabtu 12 Jun 2010 00:20 WIB

Menlu RI-Wamenlu China Bahas G-20

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa melakukan pertemuan dengan Wakil Menteri Luar Negeri China, Cui Tiankai, guna membahas kelanjutan kerja sama G-20. Pertemuan itu dilakukan di Gedung Pancasila, Kompleks Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Jumat (11/6) sekitar pukul 09.00 WIB.

Menurut keterangan dari Kementerian Luar Negeri, tujuan dari pertemuan tersebut adalah mendiskusikan kerja sama dan koordinasi kedua negara dalam kerangka G-20. Pertemuan Puncak G-20 akan diselenggarakan pada 26-27 Juni 2010 di Toronto, Kanada.

Pada pertemuan sebelumnya di Pittsburgh, September 2009, negara-negara anggota G-20 telah sepakat menginstitusionalisasikan Pertemuan Puncak G-20 sebagai forum utama bagi kerja sama ekonomi.

Perubahan tersebut diharapkan akan dapat menjadikan G-20 sebagai forum strategis dimana negara berkembang dan maju secara bersama-sama membahas berbagai isu ekonomi global. Isu-isu yang dibahas khususnya terkait upaya memperbaiki tata ekonomi global demi menghindari terulangnya krisis ekonomi global dan mewujudkan pertumbuhan ekonomi global yang kuat, berkelanjutan dan seimbang.

Selain G-20, kedua pihak juga membahas berbagai perkembangan isu-isu regional dan internasional yang menjadi perhatian kedua negara. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dijadwalkan menghadiri pertemuan puncak tersebut sebagaimana di waktu-waktu sebelumnya.

sumber : Ant
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement