Sabtu 11 Feb 2023 14:52 WIB

Jurus PLN Tingkatkan Keandalan Listrik dengan Perkuat Jaringan Transmisi

LN telah menambah dua jalur transmisi dari timur ke barat Jawa.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Friska Yolandha
PLN telah menambah dua jalur transmisi dari timur ke barat Jawa.
Foto: ANTARA/Ahmad Subaidi
PLN telah menambah dua jalur transmisi dari timur ke barat Jawa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT PLN (Persero) terus memperkuat jaringan transmisi demi menghadirkan listrik yang andal. Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan PLN telah menambah dua jalur transmisi dari timur ke barat Jawa.

"Sehingga awalnya terdapat 4 jalur menjadi 6 jalur pascakejadian blackout pada Agustus 2019," ujar Darmawan dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (11/2/2023).

Baca Juga

Darmawan menyampaikan PLN juga melakukan pengawasan aset kelistrikan secara end to end sehingga setiap infrastruktur dipastikan dalam kondisi yang sangat prima. Dengan improvement ini, lanjut Darmawan, sistem interkoneksi kelistrikan Indonesia menjadi semakin kokoh dengan pengamanan berlapis.

Dalam tiga tahun terakhir, melalui program transformasi, Darmawan sampaikan, PLN telah menerapkan terobosan antiblackout di seluruh sistem kelistrikan di Indonesia. Darmawan menyebut seluruh pembangkit, transmisi, dan distribusi yang dahulu dikelola secara terpisah-pisah, kini diubah menjadi digital dan terintegrasi, baik dalam pemantauan maupun operasinya. 

"Sehingga, setiap anomali sistem kelistrikan, langsung terdeteksi dan mengaktifkan pencegahan blackout dengan sangat cepat," kata Darmawan.

Anggota Komisi VII DPR Sartono Hutomo mengapresiasi capaian kinerja positif PLN pada 2022. Ia berharap di tahun 2023 PLN mampu mencatatkan kembali sejarah capaian positif. 

"Berbicara program strategis PLN 2023 dan realisasi kinerja 2022 kalau yang berhasil kami berikan apresiasi, yang belum kita genjot agar realisasi capaian tersebut dapat tercapai," kata Sartono.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement