Sabtu 04 Feb 2023 21:04 WIB

PLN Tingkatkan Sistem Kelistrikan di Malut Dukung Pertumbuhan Ekonomi

PLN memiliki komitmen untuk menerangi negeri sampai ke daerah pelosok

Red: Gita Amanda
PLN memiliki komitmen untuk menerangi negeri sampai ke daerah pelosok. (ilustrasi).
Foto: portal.pln.co.id
PLN memiliki komitmen untuk menerangi negeri sampai ke daerah pelosok. (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, TERNATE -- PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) terus meningkatkan pelayanan sistem kelistrikan yang berkualitas dalam mewujudkan stabilitas dan keandalan guna mendukung pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng), Maluku Utara.

Direktur Distribusi PT PLN Adi Priyanto dihubungi, Sabtu (4/2/2023), di Ternate menyatakan melalui kerja sama yang dilakukan untuk menyediakan tenaga listrik di kawasan Halmahera Tengah dalam mendukung pertumbuhan ekonomi Malut.

Baca Juga

"Semoga dengan koordinasi yang baik antara PLN dan Pemda Kabupaten Halmahera Tengah dapat semakin mempercepat pembangunan kelistrikan dan pada akhirnya mempercepat pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat," kata Adi.

Ia menyampaikan PLN memiliki komitmen untuk menerangi negeri sampai ke daerah pelosok dengan memberikan pelayanan yang berkualitas agar pasokan listrik dapat berjalan dengan andal dan aman.

Dengan demikian, visi PLN dalam menjadikan perusahaan listrik terkemuka se-Asia Tenggara sebagai pilihan pelanggan untuk solusi energi secara perlahan dapat diwujudkan," ujarnya.

Dia mengatakan, dukungan pengembangan sistem kelistrikan melalui bantuan PT Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP), Tim PLN, dan dukungan penuh dari Pj Bupati Halmahera Tengah beserta jajaran dapat terlaksana dengan baik.

PT PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara melakukan kerja sama Energize Excess Power dengan PT IWIP.

Excess Power merupakan kelebihan daya atau energi listrik dari penggunaan daya atau energi listrik oleh Pemegang Izin Operasi (PIO) yang diproduksi/dihasilkan oleh Pusat Pembangkit Tenaga Listrik yang dimiliki oleh PIO.

Dia menyebut, sistem Weda dengan beban puncak 5,67 MW mengharuskan PLN untuk segera mengambil langkah sigap guna memperkuat sistem kelistrikan agar pasokan listrik tetap terjaga.

Sementara, Vice President PT IWIP, Mr Kevin He mengatakan bahwa kerjasama ini merupakan momentum penting sekaligus hari bersejarah dalam hidupnya, sehingga upaya yang dilakukan ini diharapkan memiliki manfaat yang baik di kemudian hari.

Dia menambahkan, PT IWIP siap untuk bekerja sama sesuai dengan kesepakatan yang telah dibuat dan persetujuan kerjasama ini merupakan balasan dari PT IWIP atas kebaikan masyarakat Weda.

Sedangkan, Penjabat Bupati Halmahera Tengah, Ikram M Sangadji menyambut baik dan mengungkapkan rasa syukur atas terselenggaranya kerja sama antara PT PLN dengan PT IWIP.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement