Rabu 01 Feb 2023 21:40 WIB

BRINS Kantongi Sertifikasi Sistem Manajemen Anti Penyuapan 

Sistem manajemen anti penyuapan diimplementasikan untuk tingkatkan budaya kejujuran.

PT BRI Asuransi Indonesia (BRINS)
Foto: BRI Insurance
PT BRI Asuransi Indonesia (BRINS)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT BRI Asuransi Indonesia (BRINS) mendapatkan Sertifikat ISO 37001:2016 yang diterbitkan oleh PT BSI Group Indonesia selaku Lembaga Sertifikasi. Ini diberikan setelah perseroan menjalani serangkaian proses audit sertifikasi yang sesuai dengan penerapan Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) berstandar internasional dengan ruang lingkup Sistem Manajemen Pengadaan Barang dan Jasa di Divisi Logistik Kantor Pusat, terhitung efektif mulai tanggal 29 Desember 2022.

Dewan Komisaris, Direksi dan seluruh pekerja PT BRI Asuransi Indonesia telah berkomitmen menerapkan Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) sebagai upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi, kolusi dan nepotisme sejak diselenggarakan Kick Off Meeting pada tanggal 18 April 2022 di Menara Brilian. Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) diimplementasikan dalam rangka penerapan pencegahan suap dan korupsi di Perusahaan, serta menerapkan budaya kejujuran, transparansi, keterbukaan dan kepatuhan hukum sebagai bagian dari upaya untuk mewujudkan Tata Kelola Perusahaan yang baik, bersih dan sehat. 

Baca Juga

Implementasi Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) dilakukan dengan mengadopsi kebijakan anti penyuapan, penunjukkan Fungsi Kepatuhan Anti Penyuapan, penilaian risiko terhadap proyek dan rekan bisnis (vendor), penerapan kontrol finansial, serta pelaporan dan investigasi.

Mendapatkan Sertifikasi ISO 37001:2016 merupakan tonggak penting bagi BRINS untuk selalu mengedepankan Tata Kelola Perusahaan yang Baik (Good Corporate Governance/GCG) dalam menjalankan seluruh aktivitas perusahaan. Sertifikasi yang didapatkan oleh BRINS adalah bukti nyata atas kesadaran seluruh Sobat BRINS dalam mengimplementasikan Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP).

“BRINS berhasil menambah pengakuan internasional dengan adanya sertifikasi ISO 37001:2016 Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) yang terakreditasi, penilaiannya dilakukan oleh pihak eksternal agar lebih terpercaya dan diakui oleh negara-negara,” ujar Heri Supriyadi selaku Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko BRINS dalam keterangan pers, Rabu (1/2/2023).

Sertifikasi yang sudah didapatkan BRINS ini menjadi tantangan kedepannya untuk selalu menerapkan, membangun, memelihara, dan meningkatkan program kepatuhan anti penyuapan dalam lingkungan kerja. Selain itu, keberhasilan BRINS dalam meraih sertifikasi ISO 37001:2016 Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) diharapkan dapat menambah nilai kepercayaan para pemangku kepentingan (stakeholders) yang selaras dengan visi BRINS untuk menjadi The Most Trusted Partner for Reliable Protection Solution.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement