Senin 30 Jan 2023 18:16 WIB

Bangun Pabrik Minyak Makan Merah, Erick Tekankan Keterlibatan Petani

Erick optimistis produksi MMM dapat mendorong ekonomi rakyat

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Gita Amanda
Menteri BUMN Erick Thohir datang ke Deli Serdang untuk meninjau perkembangan pembangunan tiga pabrik minyak makan merah yang difasilitasi Holding PTPN, beberapa waktu lalu. (ilustrasi)
Foto: Dok Republika
Menteri BUMN Erick Thohir datang ke Deli Serdang untuk meninjau perkembangan pembangunan tiga pabrik minyak makan merah yang difasilitasi Holding PTPN, beberapa waktu lalu. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan BUMN terus melakukan sejumlah terobosan. Salah satunya dengan mendirikan sejumlah pabrik minyak makan merah (MMM) di Sumatera Utara. Pria berdarah Lampung tersebut menyampaikan MMM merupakan produk minyak sawit mentah yang bisa menggantikan minyak goreng.

"Warnanya memang merah tua sebab tidak melalui proses bleaching seperti minyak goreng sawit biasa," ujar Erick melalui akun Instagram, @erickthohir pada Senin (30/1/2023).

Dengan proses lebih alami, Erick menilai MMM kayak nutrisi dan vitamin E dan Vitamin A. Hal ini memiliki dampak positif dalam upaya menekan stunting di Indonesia yang awalnya 37 persen menjadi 14 persen pada tahun depan.

Erick mengatakan MMM telah teruji karena menggunakan teknologi yang dikembangkan pusat penelitian kelapa sawit (PPKS) sebagai salah satu yang terbaik di dunia.

"Terbukti tadi kita coba makan, rasanya gurih, cuma memang warnanya lebih gelap. Kita buat tiga di sini, proyek percontohan, kalau ini sukses baru kita kembangkan ke seluruh Indonesia supaya petani menjadi fondasi ekonomi nasional," ucap mantan Presiden Inter Milan tersebut.

Erick optimistis produksi MMM dapat mendorong ekonomi rakyat sebab produksinya bekerja sama dengan koperasi petani sawit. Erick tak ingin para petani hanya menjadi objek.

"Kita percayakan kepada petani bagaimana mengelola sumber daya alamnya, karena itu kami melakukan terobosan mendirikan pabrik minyak makan merah per 1.000 hektare lahan.  Insya Allah dengan proses lebih alami, minyak makan merah juga memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan," kata Erick menambahkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement