Jumat 06 Jan 2023 12:05 WIB

BSI Catat Layanan Payroll ASN Capai 270 Ribu Pegawai ASN

BSI sudah termasuk bank penyalur manfaat pensiunan ASN

Rep: Novita Intan/ Red: Lida Puspaningtyas
Sejumlah pegawai berfoto usai disumpah menjadi PNS di Pemerintah Kota Kendari, Kendari, Sulawesi Tenggara, Senin (17/10/2022). Sebanyak 93 calon pegawai negeri sipil (CPNS) di lingkungan Pemerintah Kota Kendari diangkat dan diambil sumpah menjadi PNS.
Foto: ANTARA/jojon
Sejumlah pegawai berfoto usai disumpah menjadi PNS di Pemerintah Kota Kendari, Kendari, Sulawesi Tenggara, Senin (17/10/2022). Sebanyak 93 calon pegawai negeri sipil (CPNS) di lingkungan Pemerintah Kota Kendari diangkat dan diambil sumpah menjadi PNS.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- PT Bank Syariah Indonesia Tbk mencatat saat ini pembayaran gaji maupun tunjangan kerja bagi aparatur sipil negara sebanyak 270 ribu pegawai dari 52 kementerian atau lembaga. Hal ini tertuang Peraturan Menteri Keuangan No.11/PMK.5/2016 mengenai pembayaran payroll gaji aparatur sipil negara.

Sekretaris Perusahaan Bank Syariah Indonesia Gunawan Arief Hartoyo mengatakan perusahaan menargetkan jumlah aparatur sipil negara yang memiliki penyalur gaji meningkat 30 persen pada tahun ini.

Baca Juga

"Saat ini pembayaran gaji maupun tunjangan kinerja ASN, TNI, Polri yang sudah melalui BSI mencapai lebih dari 270 ribu pegawai dari 52 kementerian & lembaga," ujarnya ketika dihubungi Republika, Jumat (6/1/2023).

Gunawan menyebut tingginya minat aparatur sipil negara ke bank syariah didasarkan oleh Bank Syariah Indonesia memiliki produk dan program unggulan. Misalnya, Tabungan Easy Wadiah yang bebas biaya admin.

Selain itu juga ada produk tabungan bisnis yang diperuntukkan pegawai yang memiliki usaha dengan limit transaksi lebih besar dan bagi hasil yang bersaing. Serta program hijrah payroll free BSI Fast.

Ditambah juga Bank Syariah Indonesia sudah menjadi Bank Mitra Taspen. Sehingga aparatur sipil negara yang memasuki masa pensiun tidak perlu pindah ke bank lain karena Bank Syariah Indonesia termasuk bank penyalur manfaat pensiunan aparatur sipil negara.

Adanya merger tiga bank syariah milik BUMN, transaksi aparatur sipil negara menjadi lebih mudah. Saat ini lebih dari 1.200 outlet Bank Syariah Indonesia tersebar di 34 provinsi dan tarik tunai di seluruh mesin ATM Bank Mandiri secara gratis.

Sebelumnya Kementerian Keuangan berupaya menyediakan ruang yang luas untuk bank syariah menjadi penyalur gaji aparatur negeri sipil. Direktur Pengelolaan Kas Negara, Direktorat Jenderal Perbendaharaan, Kementerian Keuangan, Noor Faisal Achmad, menyampaikan, seluruh regulasi yang diterbitkan memberikan akses yang luas bagi bank syariah untuk berperan dalam penyaluran gaji ASN/TNI/Polri.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement