Rabu 08 Dec 2021 13:29 WIB

Kementerian BUMN Tunjuk Jenderal Polisi Sebagai Komisaris RNI

Perubahan susunan dewan komisaris RNI sejalan dengan yang disampaikan Menteri BUMN.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Nidia Zuraya
Logo PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) (RNI)
Foto: Facebook PT RNI
Logo PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) (RNI)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Utama PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) atau RNI Arief Prasetyo Adi mengatakan Kementerian BUMN menetapkan Irjen Pol (Purn) Budiono Sandi sebagai Komisaris RNI. Arief menyebut penetapan ini ditandai dengan penyerahan Surat Keputusan Menteri BUMN Nomor: SK-390/MBU/12/2021 tentang pengangkatan anggota dewan komisaris RNI pada Senin (6/12).

"Dengan susunan dewan komisaris yang baru, RNI bersama BUMN klaster pangan siap meningkatkan kinerja guna berkontribusi memperkuat ketahanan pangan nasional melalui ketersediaan, peningkatan kualitas produk, keterjangkauan, kesinambungan, dan inklusivitas pangan nasional," ujar Arief dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (8/12).

Baca Juga

Arief menilai perubahan susunan dewan komisaris RNI ini sejalan dengan apa yang disampaikan Menteri BUMN Erick Thohir. Arief berkomitmen akan terus memastikan transformasi di tubuh BUMN pangan. Sebagai salah satu sektor strategis, Arief menegaskan akan sangat serius memantau sektor pangan dalam satu tahun ke depan. 

"Pak Menteri Erick pun berpesan agar semua pimpinan BUMN dapat seiring sejalan melakukan transformasi di perusahaannya," ucap Arief.

 

Budiono Sandi merupakan Purnawirawan Polisi Republik Indonesia yang sebelumnya menjabat sebagai Deputi Penindakan dan Pembinaan Kemampuan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). Jenderal bintang dua ini merupakan lulusan Akademi Kepolisian tahun 1987 yang aktif mengembangkan bakatnya di bidang intelejen dan telah mengalami penugasan di berbagai negara, berbagai wilayah di Tanah Air, dan posisi di struktur Kepolisian.

Jabatan lain yang pernah diemban Budiono Sandi di Kepolisian diantaranya Direktur Intel Polda Metro Jaya pada 2011-2012, Wakil Kepala Densus 88 Anti Teror pada 2012-2013, Direktur Kerjasama Bilateral BNPT pada 2013-2018, terakhir sebagai Deputi Penindakan dan Pembinaan Kemampuan BNPT pada 2018-2021.

Berikut susunan Dewan Komisaris RNI per 6 Desember 2021:

1. Bayu Krisnamurthi menjabat Komisaris Utama merangkap Komisaris Independen

2. Arie Sujito menjabat Komisaris Independen

3. Marsudi Wahyu Kisworo menjabat Komisaris Independen

4. Abdi Mustakim menjabat Komisaris

5. Abdul Rochim menjabat Komisaris

6. Himawan Arief Sugoto menjabat Komisaris

7. Budiono Sandi menjabat Komisaris

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement