Kamis 25 Nov 2021 11:26 WIB

AS Targetkan Krisis Ekonomi Tuntas Akhir 2021

Produk domestik bruto AS naik pada tingkat 2,1 persen pada kuartal ketiga.

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Friska Yolandha
Warga AS berbelanja di sebuah supermarket di Miami Utara, Florida, Amerika Serikat.
Foto: AP Photo/Marta Lavandier
Warga AS berbelanja di sebuah supermarket di Miami Utara, Florida, Amerika Serikat.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Jumlah warga Amerika yang mengajukan klaim baru untuk tunjangan pengangguran turun ke level terendah dalam 52 tahun pada pekan lalu. Itu menunjukkan, aktivitas ekonomi mulai meningkat di tengah tahun yang dilanda kekurangan, inflasi tinggi. Krisis akibat pandemi yang tak berlangsung hampir dua tahun terakhir diyakini akan segera berakhir.

Seperti dilansir Reuters, Kamis (25/11), penurunan klaim yang dilaporkan oleh Departemen Tenaga Kerja AS pada hari Rabu (24/11). Namun, di sisi lain, pasar tenaga kerja semakin ketat dengan jumlah pengangguran menyusut pada pertengahan November ke level terkecil sejak Maret 2020 ketika ekonomi berada dalam cengkeraman gelombang pertama infeksi Covid-19.

Baca Juga

Nada penguatan ekonomi dikonfirmasi oleh data lain yang menunjukkan belanja konsumen yang kuat di bulan Oktober serta pesanan bisnis untuk peralatan, tidak termasuk transportasi. Defisit perdagangan barang menyempit tajam bulan lalu karena ekspor melonjak.

Tetapi harga tetap sangat tinggi, dengan inflasi tahunan melonjak paling tinggi dalam hampir 31 tahun. Laporan yang valid menjelang liburan Thanksgiving pada Kamis (25/11) mendorong para ekonom untuk meningkatkan perkiraan pertumbuhan kuartal keempat mereka setinggi 8,6 persen tingkat tahunan.

 

"Mungkin ada beberapa masalah penyesuaian musiman, tetapi tulisan tangan ada di dinding dan semua laporan anekdot tentang bagaimana perusahaan tidak dapat menemukan bantuan yang mereka butuhkan adalah benar," kata Christopher Rupkey, kepala ekonom di FWDBONDS di New York.

"Ekonomi akan menutup tahun dengan ledakan, ada banyak hal yang bisa disyukuri," katanya menambahkan.

Klaim awal untuk tunjangan pengangguran negara turun 71.000 menjadi 199.000 yang disesuaikan secara musiman untuk pekan yang berakhir 20 November level terendah sejak pertengahan November 1969. Ekonom yang disurvei oleh Reuters memperkirakan 260 ribu aplikasi untuk pekan terakhir.

Klaim yang tidak disesuaikan naik 18.187 menjadi 258.622 minggu lalu di tengah lonjakan di Virginia, yang mengimbangi penurunan di California, Kentucky dan Missouri. Lebih banyak volatilitas mungkin terjadi selama musim liburan.

Klaim telah menurun dari rekor tertinggi 6,149 juta pada awal April 2020, dan sekarang dipandang konsisten dengan pasar tenaga kerja yang sehat, meskipun kekurangan pekerja akut yang disebabkan oleh pandemi menghambat pertumbuhan pekerjaan yang lebih cepat.

Tetapi ada harapan untuk perluasan kumpulan tenaga kerja. Jumlah orang yang terus menerima manfaat setelah minggu awal bantuan turun 60 ribu menjadi 2,049 juta dalam pekan yang berakhir 13 November, level terendah dalam 20 bulan, laporan klaim menunjukkan.

Ada 10,4 juta lowongan pekerjaan hingga akhir September. Tenaga kerja turun 3 juta orang dari tingkat pra-pandemi, bahkan ketika tunjangan yang didanai pemerintah federal telah berakhir, sekolah telah dibuka kembali untuk pembelajaran langsung dan perusahaan menaikkan upah.

Sementara itu, Saham di Wall Street jatuh. Dolar naik terhadap sejumlah mata uang. Harga Treasury AS naik.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement