Senin 15 Nov 2021 17:34 WIB

Bangkitkan Pariwisata Borobudur, PLN Bantu 10 Sepeda Listrik

Program ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar

Rep: bowo pribadi/ Red: Hiru Muhammad
Direktur Utama (Dirut) PLN, Zulkifli Zaini menyerahkan bantuan sepeda listrik kepada pengurus Balkondes Ngadiharjo, Sabtu (13/11). bantuan 10 unit sepeda listrik PLN Peduli ini diserahkan untuk mendorong kebangkitan pariwisata yang dikelola masyarakat Desa Ngadiharjo, Kecamatan Borobudur, kabupaten magelang tersebut.
Foto: dok. Istimewa
Direktur Utama (Dirut) PLN, Zulkifli Zaini menyerahkan bantuan sepeda listrik kepada pengurus Balkondes Ngadiharjo, Sabtu (13/11). bantuan 10 unit sepeda listrik PLN Peduli ini diserahkan untuk mendorong kebangkitan pariwisata yang dikelola masyarakat Desa Ngadiharjo, Kecamatan Borobudur, kabupaten magelang tersebut.

REPUBLIKA.CO.ID, MUNGKID—Dukung kebangkitan periwisata dan ekonomi kreatif warga di sekitar Candi Borobudur, PT PLN (Persero) serahkan bantuan 10 unit sepeda listrik untuk Balai Ekonomi Desa (Balkondes) binaan PLN Peduli di Desa Ngadiharjo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Bantuan sepeda listrik ini diterimakan langsung oleh Direktur Utama (Dirut) PLN, Zulkifli Zaini kepada pengurus Balkondes Ngadiharjo, Ahmad Syaiful Huda, di sela kunjungan kerja Dirut PLN di Kabupaten Magelang, akhir pekan kemarin.

Baca Juga

Turut mendampingi Dirut PLN dalam penyerahan bantuan sepeda listrik, Direktur Bisnis Regional Jawa Madura Bali PLN, Haryanto WS dan General Manager PLN UID Jateng & D.I.Yogyakarta, M Irwansyah Putra.

Dalam kesempatan ini, Zulkifli mengungkapkan, pada hari ini kami menyerahkan 10 sepeda listrik kepada Balkondes Ngadiharjo. Ia berharapbantuan ini menjadi penambah daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Balkondes Ngadiharjo.

Di sisi lain, melalui bantuan sepeda listrik ini, inovasi dari para pengurus Balkondes Ngadiharjo akan semakin inovatif dalam rangkaa memberikan nilai tambah ekonomi serta kesejahteraan  bagi warga sekitarnya.

Ia juga mengapresiasi, balkondes binaan PLN (Persero) ini telah dioperasikan dengan baik untuk memberikan nilai tambah serta meningkatkan kesejahteraan warga Desa Ngadiharjo.“Sebab keberhasilan balkondes terbukti dari manfaat keberlanjutan dan dampak perekonomian yang dapat dirasakan warga sekitar,” tambah Zulkifli dalam keterangan pers yang diterima Republika, Senin (15/11).

Merespons bantuan PLN, pengurus Balkondes Ngadiharjo, Ahmad Syaiful Huda mengatakan program ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar maupun Desa Ngadiharjo pada umumnya.

“Alhamdulillah, dengan adanya program bantuan dari PLN Peduli, Desa Ngadiharjo memiliki balkondes yang bisa dikelola untuk membantu meningkatkan taraf kehidupan masyarakatnya,” kata Syaiful Huda.

Menurutnya, kehadiran balkondes juga telah mendorong geliat perekonomian Desa Ngadiharjo semakin baik. Dari yang awalnya sebuah desa yang kurang mendapatkan perhatian, kini bisa menjadi sebuah desa yang lebih maju.

Sebab Balkondes Ngadiharjo kini telah menjadi salah satu daya tarik wisata di sekitar kawasan Candi Borobudur, yang menyuguhkan panorama hamparan bentang alam, khas perbukitan Menoreh.

Untuk bisa menikamti keindahan alam tersebut, Balkondes Ngadiharjo juga menyediakan beberapa fasilitas akomodasi seperti homestay yang setara dengan pelayanan hotel bintang 4, camping ground,amphitheatre, panggung pertunjukan, safari mobil VW, dan spot sunrise dari puncak Pereng Dhuwet.“Selain bentang alam yang mempesona, Balkondes Ngadiharjo juga menawarkan kuliner khas Desa Ngadiharjo yaitu mie entog dan kopi kapulaga, sebagai dayatarik bagi para wisatawan yang berkunjung,” jelasnya.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement