Senin 08 Nov 2021 05:00 WIB

Berani Mundur dari ASN untuk Jadi Penjual Donat

Sejak berhenti sebagai ASN, banyak usaha yang dicoba sebelum sukses dengan donat.

Rep: Amri Amrullah/ Red: Andi Nur Aminah
Endah Kurnianingsih di antara karyawannya yang sedang mengerjakan adonan donat
Foto: jagalilin
Endah Kurnianingsih di antara karyawannya yang sedang mengerjakan adonan donat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jiwa wirausaha memang hutuh keberanian yang tidak mudah. Terkadang kondisi yang terjepit membuat keberanian wirausaha muncul, terkadang juga karena pilihan untuk keluar dari zona nyaman. Keluar dari zona nyaman inilah yamg dipilih Endah Kurnianingsih, mantan Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang berhenti dan memutuskan untuk menjadi penjual donat.

Perjalanan Endah akhirnya menjadi pengusaha donat dengan mengusung brand Donat Muna, bukan hal yang mudah. Sejak berhenti sebagai PNS karena alasan keluarga, Endah telah mencoba berbagai usaha. Mulai dari fashion hingga ia pindah ke Kota Depok dan memulai bisnis kuliner. Sejak awal Endah memang meniatkan ingin berusaha untuk bisa membuka lapangan kerja bagi banyak orang.

Baca Juga

"Saya memulai usaha awalnya kepengennya dalam rangka merekrut karyawan, jadi usaha yang tidak dikerjakan sendiri," kata Endah seperti dikutip di kanal Youtube Jagalilin. 

Hal inilah yang membuat Endah akhirnya memutuskan untuk berbisnis bakery. Pada 2016, Endah ingin membuat bisnis yang bisa dimakan banyak orang, dari sinilah ia memulai merek Muna Bakery. "Muna Bakery kemudian berkembang, kurang dari dua tahun dengan produksi sehari kurang lebih seribu roti," ujarnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement