Jumat 30 Jul 2021 09:06 WIB

PUPR: Aplikasi SiKasep Dikembangkan Jadi Single Interface

Dalam aplikasi tersebut tersedia aplikasi lain seperti SiKumbang,SiPetruk dan SiAki

Rep: rahayu subekti/ Red: Hiru Muhammad
Aplikasi SiKasep hadir untuk memudahkan masyarakat yang mencari rumah subsidi.
Foto: Pu.go.id
Aplikasi SiKasep hadir untuk memudahkan masyarakat yang mencari rumah subsidi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) saat ini tengah mengembangkan Aplikasi Sistem Informasi KPR Subsidi Perumahan (SiKasep). Direktur Utama Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Arief Sabaruddin mengatakan aplikasi tersebut dikembangkan menjadi single interface.

“Dimana nantinya seluruh teknologi yang ada di PPDPP akan tergabung menjadi satu platform di SiKasep,” kata Arief dalam pernyataan tertulisnya, Jumat (30/7).

Jika aplikasi tersebut sudah dikembangkan, Arief memastikan nantinya masyarakat cukup membuka SiKasep saja. Lalu di dalam aplikasi tersebut sudah tersedia aplikasi lainnya seperti Sistem Informasi Kumpulan Pengemban (SiKumbang), Sistem Pemantauan Konstruksi (SiPetruk), dan Sistem Aktivasi QR Code (SiAki).

Arief menambahkan, inovasi baru tersebut nantinya juga menyediakan ruang untuk sistem informasi bantuan perumahan hingga pemerintah daerah. “Ini untuk mendorong peran dan kontribusi di daerah,” ujar Arief.  

PPDPP mencatat hingga 29 Juli 2021, realisasi penyaluran FLPP pada 2021 telah mencapai Rp 11,45 triliun untuk 105.087 unit rumah. Angka tersebut menunjukan 66,72 persen dari target penyaluran 2021. “Sehingga total penyaluran FLPP sejak 2010 hingga 2021 telah mencapai Rp 67,05 triliun untuk 869.942 unit rumah,” kata Arief.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement